Jumat, 16 Juli 2010

PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK SD

Matematika dari dahulu sampai sekarang tetap merupakan misteri, yang sulit untuk dikenali dan dipahami oleh sebagian orang. Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Kecenderungan untuk tidak menyukai tumbuh sebagai akibat dari serangkaian pengalaman kurang menyenangkan yang dialami oleh seseorang. Pengalaman tersebut berupa ketidakmampuan  menyelesaikan soal atau perasaan malu ketika tidak  dapat menyelesaikan soal matematika.

Paradigma bahwa matematika hanya dapat dikuasai oleh orang yang pandai, matematika hanya mempunyai satu jawaban yang benar, matematika hanya berisi angka dan rumus dan lain sebagainnya haruslah diubah total. Mtematika hendaknya diperkenalkan kepada anak sebagai pelajaran yang menarik dan berguna  dalah kehidupan sehari - hari. Karena matematika sebenarnya merupakan aktivitas manusia.

Menurut pepatah, tak kenal maka tak sayang, untuk itu dibawah ini akan diperkenalkan  hakikat matematika yang sebenarnya dan bagaimana membelajarkan matematika sehingga anak menyenangi matematika dan menguasai matematika.

Matematika dan Pembelajaran Matematika adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, seandainya diibaratakan seperti sisi mata uang. Seorang Guru tidak dapat mengajar dengan baik bila menguasai matematika saja atau menguasai bagaimana mengajarkan matematika saja.. Untuk mampu mengajarkan matematika dengan baik  seorang guru harus memahami hakikat matematika itu sendiri.

Hal - hal yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Matematika tidak selalu berhitung

2. Matematika adalah pemecahan masalah

3. Matematika adalah kegiatan untuk menemukan dan mempelajari pola dan hubungan

4. Matematika adalah bahasa

5. Matematika adalah cara berpikir dan alat berpikir

6. Matematika adalah berbuat ubtuk matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar